TES BNNK MENDADAK GEGERKAN HONORER DISHUB

Selasa, 03 Maret 2020 | 12:11:21 WIB | Dibaca: 903 Kali


Muara Sabak, Selasa (18/02/20) Dinas Perhubungan Kab.Tanjab Timur melakukan Tes BNNK untuk para tenaga honorer
Muara Sabak, Selasa (18/02/20) Dinas Perhubungan Kab.Tanjab Timur melakukan Tes BNNK untuk para tenaga honorer

Muara Sabak, (18/02/20) Dinas Perhubungan melakukan tes urine pada seluruh staf honorer guna mengantisipasi maraknya peredaran dan penggunaan narkoba di kalangan pekerja lingkup Pemerintahan Kab.Tanjung Jabung Timur. Untuk saat ini sudah ada beberapa instansi Pemerintahan Kab. Tanjung Jabung Timur yang telah mengadakan tes urine.

Dalam sambutannya Kepala Dinas BNNK Tanjung Jabung Timur mengatakan bahwa tes urine adalah cara mudah mendeteksi secara dini apakah seseorang terlibat atau tidak dalam penggunaan narkoba.

“Jika nantinya ada karyawan honorer yang terindikasi positif mengkonsumsi narkoba, maka kita dapat melakukan pembinaan dengan melakukan assesment maupun rehabilitasi,” terangnya. Penyalahgunaan narkoba di Kab.Tanjab Timur sebagian besar yang terkena dampaknya adalah generasi muda.

Sebelumnya ada 2 orang karyawan honorer yang diketahui menggunakan narkoba, namun kini mereka telah berhenti untuk mengkonsumsikan obat-obatan terlarang tersebut dan mereka pun ikut berjuang melawan jahatnya narkoba. Mereka mengakui jika bahaya narkoba sangat fatal baik dikonsumsi jangka pendek maupun jangka panjang.

Berikut beberapa bahaya mengkonsumsi Narkoba yang sering ditemukan dilapangan seperti Ganja/Kanabis/Mariyuana :

- Denyut nadi dan jantung lebih cepat

- Mulut dan tenggorokan terasa kering

- Sulit dalam mengingat

- Sulit diajak berkomunikasi

- Kadang-kadang terlihat agresif

- Mengalami gangguan tidur

- Sering merasa gelisah

- Berkeringat

- Nafsu makan bertambah

- Sering berfantasi

- Euforia

Ganja merupakan salah satu jenis narkotika yang dapat mengakibatkan kecanduan. Jika pemakaiannya dihentikan, si pemakai sering mengalami sakit kepala, mual yang berkepanjangan, sering merasa kelelahan dan badan menjadi lesu.

“Kami tekankan pada generasi muda untuk menjauhi penyalagunaan narkoba, apalagi kita ini menyongsong masa bonus demografi, dimana dimasa itu banyak usia produktif ketimbang usia non produktif,” ungkapnya.

Menurut Kepala BNNK Tanjab Timur ini jika usia produktif terjerumus dengan penyalahgunaan narkoba maka akan dipastikan generasi penerus bangsa ini akan hancur, karena tidak ada yang bisa melanjutkan pembangunan.

Kepala BNNK AKBP Cecep Subarjat mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih atas kerjasama dan partisipasinya bagi mereka yang mengikuti tes urine dari awal acara hingga akhir acara berlangsung. Ia menambahkan bahwa dalam waktu dekat program tes urine akan diberlakukan juga pada pelajar, mahasiswa, karyawan perusahaan, masyarakat dan kalangan lainnya.

“Untuk itu diperlukan komitmen bersama dari berbagai pihak seperti pihak sekolah, kampus, perusahaan dan perkantoran lingkup pemerintahan dalam membantu pencegahan dan pemberantasan narkoba,” ujar kepala BNNK Tanjab Timur mengakhiri acara.

Tujuan diadakannya tes urine ini sebagai upaya pencegahan secara dini terhadap bahaya narkoba. Selanjutnya beliau ingin menciptakan kampung sehat bebas narkoba di Tanjung Jabung Timur ini seperti kampung bersih narkoba (BERSINAR) di Kelurahan Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi, sebagai pilot project program kampung bebas Narkoba.

Penulis & Editor:

Gading.W.A

Selasa,03 Maret 2020

12:16 AM


Pengaduan Masyarakat Online

Informasi jati diri dan isi pengaduan tidak akan ditampilkan dihalaman website ini dan kami akan merahasiakan jati diri Anda. Identitas anda akan kami jaga dan lindungi secara hukum.